PENERAPAN METODE MANDIRI BERSTRUKTUR DAN METODE DISCOVERY TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN SERVICE BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh jumlah waktu aktivitas belajar/berlatih yang singkat pada setiap latihan. Masalah penelitian ini mengetahui latihan peningkatan keterampilan dasar service bawah kelompok yang menggunakan metode mandiri berstruktur dan kelompok yang menggunakan metode discovery terbimbing dalam permainan bola voli. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Sampel berjumlah 30 orang siswa yang terdiri atas 15 orang dengan metode mandiri berstruktur dan 15 orang siswa dengan metode discovery terbimbing. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan, dalam bentuk tes praktik atau unjuk kerja, yaitu pelaksanaan service bawah. Berdasarkan pengolahan data dari pengujian tersebut diperoleh bahwa thitung sebesar 2,56 dan ttabel 2,05. Kriteria pengujiannya adalah terima Ho jika, pada taraf nyata α = 0,05 dengan dk = 28. Dalam hal ini thitung berada pada daerah penerimaan Ho, maka hipotesisnya (Ho) diterima. Kesimpulannya bahwa latihan metode mandiri berstruktur terdapat pengaruh yang lebih signifikan dibandingkan dengan latihan menggunakan metode discovery terbimbing terhadap peningkatan keterampilan service bawah pada permainan bola voli di SMP Negeri 5 SUBANG.