PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRATION TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS PENDEK PADA PERMAINAN BULUTANGKIS
Abstract
Permainan bulutangkis sarat dengan berbagai kemampuan dan keterampilan gerak kompleks. Usaha untuk mengembangkan potensi fisik seorang siswa tentu tidak terlepas dari kejelian seorang guru dalam memberikan metode pembelajaran. Hasil observasi pada kelas X di SMKN 1 Dawuan Kecamatan Dawuan Kabupaten Subang menyebutkan bahwa salah satu masalah yang dihadapi murid dalam belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah berkaitan dengan sub materi pembelajaran pada permainan bulutangkis adalah servis pendek yang kurang memuaskan. Hasil tersebut yang kurang memuaskan mengindikasikan murid mengalami kesulitan belajar dan kesulitan belajar murid berkaitan dengan tidak diperhatikannya gaya belajar murid dalam pembelajaran. Dengan demikian perlu adanya model pembelajaran yang dapat memberikan peningkatan pada kemampuan servis pendek pada permainan bulutangkis, sehingga memberikan penerapan langsung baik dalam penilaian maupun pelaksanaanya di dalam bermain bagi murid yang berminat untuk mengeluti cabang olahraga bulutangkis. Model pembelajaran yang dimaksud adalah model pembelajaran demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris tentang hal-hal dibawah ini : Untuk mengetahui apakah metode pembelajaran demonstration memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan servis pendek dalam permainan bulutangkis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen. Metode ini digunakan atas dasar pertimbangan bahwa sifat penelitian ekperimental yaitu mencobakan sesuatu untuk mengetahui pengaruh atau akibat dari suatu perlakuan atau treathment dengan sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X-1 SMKN 1 Dawuan Kecamatan Dawuan, Kab. Subang yang berjenis kelamin laki-laki, dengan jumlah sampel sebanyak 10 orang dari total populasi 10 Orang. dengan menggunakan teknik total sampling atau sampel keseluruhan. Berdasarkan pada latar belakang, tinjauan teoretis, penentuan metode penelitian, pengolahan dan analisis data penelitian, serta pembahasan penemuan, maka dalam penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa : Metode pembelajaran demonstration memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan servis pendek dalam permainan bulutangkis”. Hal ini ditunjukan dengan hasil penghitungan statistik, bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari tes awal sebesar 25,20 menjadi 49,60 pada tes akhir. Kemudian setelah dilakukan pengujian signifikansi didapat nilai Thitung (7,357) > Ttabel (± 1,833), maka H0 ditolak dan H1 diterima , sehingga T Hitung berada di daerah penerimaan hipotesis.