PENERAPAN PERMAINAN OLAHRAGA TRADISIONAL MELALUI LATIHAN LOMPAT TALI TERHADAP PENINGKATAN MOTOR ABILITY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian permainan olahraga tradisional melalui latihan lompat tali terhadap peningkatan motor ability. Latihan lompat merupakan salah satu teknik yang harus dipelajari. Terdapat komponen yang dapat menunjang dalam hasil pembelajaran, yaitu komponen strategi belajar mengajar. Kecepatan atau kelambatan dan keberhasilan pembelajaran siswa sangat ditentukan oleh kemampuan sendiri.
Untuk membuktikan kebenaran dari hipotesis yang penulis ajukan, maka penulis melakukan penelitian dengan Metode yang digunakan adalah metode eksperiment. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling. Melalui cara pengambilan sampel yang digunakan adalah melibatkan seluruh jumlah populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa putri SDN Cijengkol Serangpanjang Subang yang terdaptar pada tahun 2015 yang berjumlah 16 orang siswi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes carpenter motor ability. Meliputi tes Standing Broad Jump, Shot-Put, dan Berat badan.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa t hitung (7.10) yang lebih besar dari t tabel pada tingkat kepercayaan atau tarif signifikan α =0.05 dengan dk (𝑛1+ 𝑛2-2) = 30 harga t (0.095) dari daftar distribusi t diperoleh 1,697. Dengan demikian, dari hasil penghitungan dan analisis data bahwa diperoleh t hitung (7.10) sedangan t tabel 0,095 (30) = 1,697, harga t hitung lebih besar dari pada t tabel, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan olahraga tradisional melalui latihan lompat tali memberikan hasil yang signifikan terhadap peningkatan motor ability pada siswi putri SDN Cijengkol Serangpanjang Subang.